Peresmian Rusunawa dan Rusus Kota Magelang

MAGELANG – Kota Magelang kini memiliki Rumah Susun Sewa (RUSUNAWA) dan Rumah Khusus (RUSUS) baru di Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Utara. Peresmian Rusunawa dan Rusus dihadiri oleh Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan dan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, dan Anggota Komisi V DPR RI Sudjadi. Rusunawa dan Rusus ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan hunian masyarakat yang layak dan dapat mengentaskan backlog rumah di Kota Magelang.

“Secara kualitas, bangunan Rusunawa ini bahkan diklaim setara dengan kondominium yang diperuntukan bagi masyarakat menengah ke atas,” ujar Wakil Walikota Magelang, dalam peresmian Rusunawa dan Rumah Khusus di Rusunawa Wates, Kelurahan Wates, Magelang Utara, Sabtu (16/3/2019).

Bangunan Rusunawa tersusun dari 58 unit, masing-masing tipe 36 dan mampu menampung 58 Kepala Keluarga, serta setiap unit sudah tersedia meubelair seperti  tempat tidur, meja kursi ruang tamu dan almari. Rusunawa dikhususkan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan sewa tarif Rp. 300.000 – Rp. 350.000 per unit per bulan.

Selain Rusunawa Wates, Kementerian PUPR juga meresmikan Rusus Wates, Rusunawa Tamanagung Muntilan,, Rusunawa Mahasiswa STPP Tegalrejo, Rusunawa Pondok Pesantren API Tegalrejo dan Rusunawa Manggong Ngadirejo di Temanggung.